barner

Rabu, 30 November 2011

ISD sebagai salah satu MKDU

ISD Sebagai salah satu MKDU

Adanya pendidikan tinggi diharapkan dapat membentuk dan menghasilkan insan-insan yang mempunyai kemampuan akademik, kemampuan profesi, dan kemampuan pribadi. Dengan kemapuan tersebut mahasiswa diharapkan dapat lulus menjadi sarjana yang terampil dan ahli dalam bidang yang ditekuninya serta mau dan mampu mengabdikan keahliannya untuk kepentingan masayarakat luas.
Tujuan pendidikan umum itu sendiri adalah sebagai berikut :
  1. Mahasiswa  memiliki kesiapan untuk menekuni dunia keilmuan.
  2. Mahasiswa mampu memahami berbagai konsep ilmu sosial yang akan digunakan sebagai instrumen memetakan segala problematika sosial kemasyarakatan.
  3. Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat dan bangsa serta agama.
  4. Mamberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara interdisipliner, dan mampu memahami pikiran para ahli sebagai ilmu pengetahuan, sehingga dengan demikian memudahkan mereka berkomunikasi.
Secara khusus mata kuliah dasar umum bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang nantinya akan berperan aktif di masyarakat yang berperilaku sebagai berikut :
  1. Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia
  2. Taqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk agama lain
  3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral didalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, politik maupun pertahanan keamanan
Pendidikan umum yang diselengarakan oleh universitas dan institut dikenal dengan mata kuliah dasar umum yang mencakup : Pendidikan agama, Kewarganegaraan, Pacasila, Kewiraan, IBD, dan ISD. Yang akan kita bahas kali ini adalah ISD (Ilmu Dasar Sosial).

sumber :
http://nurulaini23.wordpress.com/2010/09/26/ilmu-dasar-sosial/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar